Rabu, 18 September 2013

RESPIRASI POHON DI MALAM HARI

Assalamualaikum :)


guys.I wanna share you somethin niiiih :o huaaaaaaaaaaaa ntahlah, apa karna aku yang kuper kudet dan hal ini aku baru tau pas pelajaran biologi tadi siang.
SEMUANYA TERJAWAB SUDAAAAH ..

mungkin kalian pernah mengalami ini tapi tidak menyadari sebabnya dan berfikir bahwa itu adalah hal biasa (ya emang hal biasa hahahaha namanya juga fenomena alam)

kan tadi siang guruku ngasih soal
"mengapa ketika kita duduk di bawah pohon di siang hari akan terasa sejuk dan ketika di malam hari terasa sesak ?"

mungkin karna memang belum dipelajari dan akunya yang stupid wkwkw , aku jawab aja sembarangan..

"mungkin di pohon itu ada penunggunya ! atau mungkin ada hubungannya sama si kunti penunggu pohon"
hahaha ngaco XD

karna penasaran, searching ah mumpung bu gurunya lagi telponan :o
dan ternyata ..

hal itu kembali lagi ke proses fotosintesis guys -_____-

penjelasan lebihnya :

       tumbuhan adalah makhluk hidup yang butuh bernafas. pada siang hari tumbuhan melakukan fotosintesis yang menghasilkan oksigen. oksigen yang dihasilkan dari fotosintesis ini lebih banyak daripada oksigen yang digunakan untuk respirasi. sehingga tumbuhan lebih banyak menghasilkan oksigen dari fotosintesis daripada karbondioksida dari respirasi. pada malam hari fotosintesis tidak terjadi, sehingga tumbuhan tidak memproduksi oksigen. sedangkan proses respirasi yang membutuhkan oksigen tetap berjalan. ketika siang hari pohon mengisap karbondioksida (CO2) dan mengeluarkan oksigen (O2), inilah yang mebuat berteduh dibawah pohon pada siang hari itu sangat sejuk karena manusia juga membutuhkan oksigen. Nah bagaimana kalau malam? Pada malam hari siklus pernafasan pohon berubah. Pohon pada malam hari juga menghirup oksigen. Jadi, manusia dan pohon saling berebut menghirup oksigen pada malam hari. Makanya terkadang secara tidak sengaja kita menemukan manusia pingsan ketika sendang berada di bawah pohon pada saat malam hari. Dan kita langsung berasumsi bahwa itu adalah perbuatan mahluk halus.
( http://youdiemervie89.blogspot.com/2013/05/bahaya-tidur-di-bawah-pohon-malam-hari.html )





ohiya, bagi teman teman yang punya tumbuhan di dalam rumah sebaiknya tumbuhannya ditaruh di luar aja kalo malem. kalian ga kan mau rebutan oksigen sama pohon dan hal ini juga jangan dianggap sepele :P wkwkwkw





gitu guys :) sekali lagi jangan berifikiran hal itu karna makhluk halus yaaaa :) itu fenomena alam ..



dah segitu dulu yah :) terima kasih telah berkunjung
WASSALAMUALAIKUM 

1 komentar: